-Bekasi Kota-

Bayi yang lahir secara prematur biasanya memiliki ukuran kepala sedikit lebih besar, dengan tubuh berukuran kecil. Kebanyakan bayi prematur juga memiliki berat badan lahir yang rendah.
Karena dilahirkan terlalu dini, organ-organ tubuh bayi prematur belum siap untuk berfungsi dengan baik di luar kandungan. Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum usia kandungan mencapai 37 minggu. Berbeda dengan bayi yang lahir cukup bulan, bayi yang terlahir prematur membutuhkan penanganan intensif karena organ tubuhnya belum berkembang dengan sempurna.

Bayi yang terlahir prematur berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pernapasan, masalah pada otak, lebih mudah kedinginan (hipotermia), rentan infeksi, dan sulit menelan atau menyusu. Itulah alasannya mengapa bayi yang terlahir prematur sering kali membutuhkan perawatan di ruang perawatan intensif khusus bayi baru lahir (NICU) untuk sementara waktu, sampai organ-organ dan kondisi tubuhnya dapat berfungsi secara normal.

Terkait hal tersebut, RSUD Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi ikut merayakan Hari Premature Day di Aula RSUD lantai 8, Rabu(24/11.2021). Perayaan ini dimaksud untuk memberi penghargaan terhadap tim medis, orang tua dan anak-anak premature yang survive dan bertumbuh normal. Doa para orang tua dan penanganan medis pada waktu yang tepat serta daya tahan sang bayi premature yang bisa membuat bayi tersebut bisa bertumbuh kembang seperti anak normal lain nya. Perayaan Premature Day RSUD CAM Kota Bekasi yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bekasi H. Choiruman J Putro, Sekda Kota Bekasi H. Reny Hendrawati, Dirut RSUD Dr Kusnanto serta Kepala Perina RSUD Kota Bekasi Dr Thomas Adoe.

“Peringatan yang mundur 10 hari dari agenda sebelumnya akhirnya bisa diselenggarakan dan melihat anak-anak premature yang hadir pada hari ini dengan sehat berprestasi adalah sebuah kepuasan batin yang tak bisa ternilai oleh apapun. Menyaksikan sendiri bagaimana proses bayi premature tersebut dari lahirnya kemudian mereka menjalani perawatan medis secara khusus kemudian bisa hidup normal adalah suatu perjuangan panjang dan keajaiban. Dan semoga hari premature ini juga menjadi sebuah peringatan agar semoga tidak ada lagi bayi premature bila proses kehamilan bisa dijaga dengan baik”, ungkap Dr Kusnanto, Direktur Utama RSUD CAM Kota Bekasi.

Ada satu nama yang kerap menjadi sebutan dalam setiap kesaksian para orang tua dari para anak-anak premature saat didaulat untuk menceritakan perkembangan anaknya yaitu Dr Thomas Adoe Kepala Perina RSUD Kota Bekasi. Keberhasilan dan kesabaran nya bersama team perina RSUD Kota Bekasi adalah catatan penting yang membekas oada setiap orang tua para anak-anak premature tersebut.

Acara yang berlangsung singkat dan melaksanakan protokol kesehatan, di isi oleh performance dari beberapa anak premature. Turut hadir juga Persatuan Ibu Anggota(PIA) DPRD Kota Bekasi dan Team Pengawas RSUD. (Mac)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here