-Jakarta-

PPKMĀ Level 4 merupakan kebijakan pemerintah dalam menanggulangi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Berbagai pembatasan diterapkan di banyak sektor untuk menekan mobilitas masyarakat dan membatasi interaksi langsung yang menjadi epicentrum penyebaran mutasi virus covid19 varian delta yang mempunyai daya penyebaran 7 kali lebih cepat dari varian sebelumnya.

Selama PPKM Darurat dan PPKM Level 4 diterapkan, kasus virus corona di tanah air belum menunjukkan penurunan yang signifikan walau kesembuhan per hari pun tergolong tinggi. Akan tetapi, jumlah pasien yang meninggal dalam sehari pun tidak kalah tinggi jumlahnya.

Hingga 25 Juli atau hari terakhir penerapan PPKM Level 4, kasus virus corona di tanah air sudah mencapai 3.127.826 sejak pertama kali diumumkan pada awal Maret 2020. Dari angka itu, sebanyak 2.471.678 telah sembuh dan 82.013 meninggal dunia.

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM) level 4 di sejumlah wilayah Pulau Jawa dan Bali hingga 2 Agustus.

PPKM Level 4 kembali diperpanjang guna menekan lonjakan kasus virus covid19Mulanya, pemerintah menerapkan PPKM Darurat 3-20 Juli ketika lonjakan kasus mulai terjadi. Diperpanjang dengan istilah PPKM Level 4 pada 20-25 Juli.

Kini PPKM Level 4 kembali diperpanjang oleh pemerintah yang mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021,” kata Presiden Jokowi pada konferensi pers, Minggu(25.07.2021). (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here