-Jakarta-

PatriotPalapa-Pelanggaran terhadap tidak melaksanakan protokol kesehatan pada acara pernikahan sekaligus Maulid di Petamburan yang menyebabkan kerumunan ribuan massa berujung kepada pemanggilan 14 saksi yang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu unsur pemerintahan, unsur panitia penyelenggara pernikahan dan unsur tamu yang hadir oleh pihakPolda Metro Jaya, Jakarta.

Hasil tes swab antigen yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya sebelum pemeriksaan 10 dari 14 saksi yang hadir menghasilkan satu orang yang reaktif covid19 yaitu Lurah Petamburan. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kabid Humas Polda Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus diruangan Humas Polda Metro Jaya, Selasa(18.11-2020).

“Tes swab dilakukan kepada 10 orang yang dipanggil untuk dimintai keterangan terkait kasus kerumunan di Petamburan, akhir pekan lalu. Dari sepuluh ini kita lakukan uji swab antigen dan kedapatan satu orang yaitu LurahPetamburan positif atau reaktif,” papar Kombes Pol Yusri Yunus, dalam keterangan kepada wartawan.

Yusri menerangkan Lurah Petamburan saat ini telah dirujuk ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk mendapat penanganan lanjutan.

Polda Metro Jaya hari ini memanggil 14 pejabat untuk dimintai keterangan soal kerumunan di dekat kediaman Rizieq Shihab di Petamburan. Dari 14 yang diundang, 10 orang telah hadir.

Mereka menjalani penyelidikan yang dilakukan oleh tim gabungan dari Bareskrim dan Dirkrimum Polda Metro Jaya.

Pihak yang dipanggil antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Jakarta Pusat, Camat Tanah Abang, RT dan RW setempat, Kasatpol PP dan Babinkamtibmas dan sedang menjalani pemeriksaan.

“Dari 14 undangan yang hadir hari ini ada 10 orang, terakhir satu lagi yang baru saja datang adalah Kasatpol PP, dan yang diperiksa jadi 9, karena satu reaktif covid19”, ujar Yusri.

Sementara saat dikonfirmasi pihak media, Lurah Petamburan Setiyanto menjalani isolasi mandiri usai mengetahui dirinya reaktif Covid-19. Isolasi ini dilakukan sambil menunggu hasil tes swab polymerase chain reaction (PCR) dari Rumah Sakit Polri Kramatjati.

“Saya isolasi mandiri di rumah karena nunggu hasil swab PCR. Mudah-mudahan sih (hasilnya) negatif,” kata Setiyanto saat dihubungi.

Setiyanto diketahui reaktif Covid-19 setelah menjalani tes cepat swab antigen pagi ini. Tes itu dilakukan sebelum ia memenuhi undangan penyelidikan di Polda Metro Jaya.

Polisi semula memanggil Setiyanto terkait kerumunan massa di acara Maulid Nabi sekaligus pernikahan putri pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Petamburan, Sabtu pekan lalu.(Mac)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here