Kadiv Propam Berpulang, Polri Kehilangan Putra Terbaiknya

-Jakarta-

Kabar duka datang dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Korps Bhayangkara tersebut kehilangan perwira tinggi terbaiknya Irjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono karena sakit.

Irjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono diketahui saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat (30/10/2020) sekira pukul 11.08 WIB.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan kabar meninggalnya Irjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono. Dikatakan Argo, almarhum memang sebelumnya menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto karena sakit yang dideritanya.

“Karena sakit, saya beberapa kali jenguk, rencana akan disemayamkan di Bogor”, kata Argo Yuwono kepada wartawan. Menurut Argo, almarhum mengindap penyakit jantung, ginjal, dan paru-paru.

“Segenap keluarga besar Polri mendoakan agar beliau mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan YME dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan,” ungkap Argo.

“Turut berdukacita yang mendalam atas berpulangnya saudara kita, Irjen Ignatius Sigit. Semoga beristirahat dalam damai abadi dan keluarga ditinggalkan diberikan ketabahan dan penghiburan. Amin,” imbuh Argo.

Hal senada juga diungkapkan oleh KaroPenmas Divhumas Mabes Polri. “Tadi pukul 11.08 WIB di RSPAD karena sakit,” ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono saat dikonfirmasi.

Kali terakhir Sigit muncul di depan wartawan dalam konferensi pers Polri pada 27 Juli lalu. Kala itu, Sigit mendampingi sejumlah jajaran Polri yakni Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prasetyo dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat rilis pengungkapan kasus surat jalan Djoko Tjandra.

Rekam jejak Irjen Sigit Widiatmono

Dilansir dari wikipedia, diketahui Irjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono lahir di Salatiga, Jawa Tengah pada 3 Februari 1969.

Ia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 6 Desember 2019 menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Irjen Sigit merupakan lulusan Akpol 1992.

Ia banyak menghabiskan waktunya dalam bidang reserse. Banyak berkiprah di Densus 88 Anti Teror, membuat namanya tidak begitu mencolok dalam pemberitaan.

Almarhum akhirnya ditugaskan menjadi Direktur Pembinaan Kemampuan (Dirbinpuan) pada Deputi II bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT pada 2017. Dengan jabatan baru tersebut, Sigit Widiatmon yang semula berpangkat sebagai Komisaris Besar Polisi (Kombes) dinaikan pangkatnya setingkat lebih tinggi menjadi Brigadir Jenderal Polisi.

Karirnya pun semakin moncer, hanya berselang satu tahun, ia ditarik kembali ke Mabes Polri dan menjabat sebagai Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri pada 2018. Tidak lama, ia dipercaya Kapolri Jenderal Idham Azis menjadi Kepala Divisi Provesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri menggantikan Listyo Sigit Prabowo yang diangkat menjadi Kabareskrim Polri.

Ia dilantik Idham Azis menjadi Kadiv Propam pada 16 Desember 2019 sekaligus pangkatnya nai setingkat lebih tinggi menjadi inspektur jenderal polisi.

Selama menjadi Kadiv Propam Polri, banyak kasus menonjol menyangkut personal Polri yang ditanganinya di antaranya kasus surat jalan palsu dan penghapusan red notice Djoko Tjandra yang melibatkan dua jenderal polisi yakni Brigjen Pol Prastijo Utomo dan Irjen Pol Napoleon Bonaparte.(Mac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *