Pemilik Model Kit Terbanyak Se Asia Tenggara Itu  Ternyata Orang Bandung

-Kota Bandung-

Bila singgah ke Kota Bandung, tak lengkap rasanya mampir ke daerah Buah Batu tepatnya jalan Guntur Sari, untuk bertemu dengan sosok hobbies sekaligus kolektor mainan rakitan, Reggy Achmad Recarvi Natalegawa. Beliau yang baru-baru ini sudah mulai go publik merambah dunia online shop dengan brandnya Soldadu56 dan GS Hobby Empire yang sudah cukup banyak mendapat perhatian dari para hobbies sejenis. Adapun 2 brand tersebut sudah bergabung di salah satu online shop terbesar Indonesia, Tokopedia.

Laki-laki kelahiran 19 September 1973 di Kota Bandung menekuni hobbynya didunia mainan sejak kecil, bahkan sejak duduk dibangku TK. Reggy kecil sudah mulai menekuni mainan Model Kit, mainan yang saat itu tidak digemari anak se-usianya yang cenderung senang main dengan mainan sekuler, saat itu Model Kit hanya dijual oleh satu toko mainan terbesar kala itu di Kota Bandung, yaitu toko mainan Hoya.

“Tertarik dengan mainan ini karena ada kepuasan/kebanggaan sendiri bila berhasil merakitnya, bahkan saking puasnya sampai saya bawa-bawa kekamar mandi. Dan saat itu bisa dikatakan bahwa tidak ada kawan yang mempunyai hobby yang sama, saya baru bertemu kawan yang senang Model Kit saat kuliah. Awalnya ya senang dengan miniatur dan kagum dengan tentara beserta atributnya karena ‘model kit’ ini memang didominasi oleh replika perang dunia ke II”, papar Reggy kepada media dikediaman nya, Kamis(03/09-2020).

Saat ini bisa dikatakan bahwa Reggy adalah satu-satunya orang Bandung yang memiliki Install Model Kit terbanyak se-Asia Tenggara, sampai-sampai dia membeli satu rumah khusus untuk menampung jutaan koleksinya baik yang sudah dirakit maupun yang belum dirumah tersebut. Kecintaan pada hobby yang ditekuni sejak usia kecil akhirnya membentuk dirinya menjadi teliti, detail dan sabar. Dirinya berencana untuk membuka gerai khusus hobby miliknya.

Mengikuti Berbagai Kejuaraan Internasional

“Memang gak banyak yang senang mainan ini, hanya sebagian kecil orang saja dan memang tidak mainstream. Dimana saat ini semua senang yang serba instan dan tinggal pakai, saya malah hobbynya kebalikan dari hal tersebut. Tapi mempunyai tantangan tersendiri karena barang yang di-inginkan pun harus hunting dipasaran luar negeri. ‘Mokit’ ini menarik karena ada juga pilihan yang jenisnya di desain semirip mungkin dengan aslinya, misalnya tank yang tidak boleh mulus dan benar-benar seperti aslinya. Perlu ber-imajinasi dan wajib tau sejarah perang dunia ke-II. Kemudian kita juga wajib tau jenjang pangkat dalam berbagai divisi, baik Angkatan Darat(infantri, artileri, kavaleri), Angkatan Udara maupun Angkatan Laut”, ungkap Reggy anak ke-2 dari 4 bersaudara.

Dalam perjalanan nya, pria yang memiliki 2 putri, buah pernikahan nya dengan Lina Rooslina S.E yang juga pendiri butik Monel ini sudah berkeliling dunia untuk mencari mokit yang ‘rare edition’ antara lain, Australia, Korea Selatan, Jepang, Rusia dan USA. Dalam ekspansinya, dia mendirikan Reggys Mokit Bank(RMB) pada tahun 2012 yang sempat memenangkan kejuaraan Internasional MoKit di Malyasia tahun 2016 yang pialanya diserahkan langsung oleh Mentri Kebudayaan Malaysia saat itu. Reggy juga mengumpulkan beberapa modellers, juga merambah kepada pembuatan helm, jaket, celana dan baju tentara yang bisa dibeli melalui toko online miliknya. Kolektor beberapa moge merk Indian dan beberapa mobil Land-Rover langka ini berencana akan membuka gerai khusus ‘Mo-Kit’ agar bisa dikenalkan kepada khalayak umum dan menjadi alternatif baru mainan bagi para generasi muda Indonesia.(Mac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *