WARAS WASISTO APRESIASI RS SENTRA MEDIKA CISALAK DEPOK TERHADAP PENANGANAN PASIEN COVID-19

Di RS Sentra Medika saya melihat mereka sangat serius mengabdikan dirinya untuk membantu masyarakat yang terdampak wabah Covid-19“, Waras Wasisto, Koordinator Satgas Lawan Covid-19 Provinsi Jawa Barat.

-Kota Depok-

Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 Jawa Barat bersama Satgas Lawan Covid-19 Kota Depok menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke tiga Rumah Sakit yang ada diwilayah Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (02/05).

Adapun ketiga Rumah Sakit tersebut diantaranya, RS Sentra Medika Cisalak yang berlokasi di Jl. Raya Bogor No.Km. 33, Cisalak, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Jl. Raya Muchtar, Sawangan Lama, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Saat mengunjungi RS Sentra Medika Cisalak Depok, Waras Wasisto koordinator satgas lawan covid-19 Provinsi Jawa Barat sangat mengapresiasi pelayanan medis terhadap pasien covid-19 yang dilakukan oleh para tenaga medis setelah mendengar keterangan langsung dari pihak rumah sakit.

Direktur BPJS Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak, dr Ika Safrina mengungkapkan rasa terimakasih yang mendalam atas bantuan yang diberikan oleh Satgas Lawan Covid-19 terhadap RS Sentra Medika.

Kami sebagai salah satu Rumah Sakit Swasta Tipe B yang selama ini memang melayani 85 persen pasien BPJS sehingga Rujukan Kota Depok terkonsentrasi ke kami. Dari awalnya wabah Covid-19 ini mewabah, RS Sentra Medika kami sudah menyiapkan diri untuk mempersiapkan tempat-tempat khusus yang kami dedikasikan untuk pasien-pasien Covid. Namun kendala kami memang kelengkapan APD,” terang dr. Ika Safrina.

Harapan kami, sambung dr. Ika Safrina, mudah-mudahan wabah Covid-19 segera berakhir. Sehingga semua orang bisa beraktivitas normal. Dan perhatian buat para dokter serta para tim medis lebih khusus lagi. Karena perlindungan diri bagi kami sangatlah penting.

Senada, dr Sefillya, wakil direktur medis Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak, Kota Depok mengutarakan bahwa total kasus yang ditangani oleh RS Sentra Medika saat ini sekitar 600-an pasien dampak wabah virus Corona atau Pandemi Covid-19.

Team Satgas Lawan Covid-19 dan Koordinator Satgas Jawa Barat Beserta Pihak Rumah-Sakit

Terbagi menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sekitar 290-an,¬†Orang Dalam Pemantauan (ODP) sekitar 200-an sisanya sekitar 60-an itu Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk pasien yang meninggal sekitar 3,9 persen dari total pasien,” terang Sefillya kepada media

Salah satu kendala, sambung Sefillya, yang mungkin nanti bisa menjadi perhatian dan mungkin bisa memberikan bantuan ke kita saat ini ventilator khusus pasien Covid-19 kita belum ada.

“Jadi, kalau si pasien mengalami gagal nafas, kita memang maksimal untuk ventilator kita tidak tersedia dan dari awal kita sudah informasikan ke pasien seperti itu. Jadi, kita merawat pasien PDP sampai kriteria sedang saja, kalau berat kami anjurkan untuk dirujuk,” papar Sefillya.

Ditempat yang sama, Koordinator Satgas Lawan Covid-19 Jawa Barat, Waras Wasisto yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat mengutarakan bahwa bantuan yang diberikan berupa Alat Pelindung Diri (APD) seperti baju Hazmat, masker medis, alat rapid test, kacamata google dan juga obat-obatan herbal yang sudah teruji BPOM.

“Kegiatan hari ini kita membagikan APD ke tiga Rumah Sakit yang ada diwilayah Kota Depok. Aksi sosial tersebut dilakukan atas kepedulian terhadap para tenaga medis selaku Garda Terdepan untuk menghadapi Covid-19,” terang Waras.

Waras menjelaskan, tadi setelah melihat secara langsung di Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak yang sangat luar biasa, dalam arti yang mana salah satu Rumah Sakit Swasta yang dari awal sudah aktif menerima dan menangani pasien Covid-19.

Ini buat saya sesuatu yang sangat luar biasa
Saya ucapkan banyak terimakasih dan sangat saya apresiasi. Karena dikebanyakan tempat, bahkan Rumah Sakit yang sudah masuk dalam SK Rujukan oleh Pemerintah namun ketika ada pasien cenderung menolak dengan berbagai alasan,” ungkapnya.

Sambung Waras, saya sudah memerintahkan Satgas Kota Depok untuk segera berkoordinasi dengan Wali Kota Depok agar RS Sentra Medika ini segera di SK-kan menjadi Rumah Sakit Rujukan.

“Karena akan menjadi aneh ketika yang di Rujuk pada nolak dan yang di Rujuk tapi gak di SK-kan yang akan menjadi anomali,” tegasnya.(Mac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *